Apa itu pengolahan pangan dan apa tujuannya

Halo-teman-teman semua..
Pada artikel ini akan membahas apa sih itu pengolahan pangan dan apa itu tujuannya. Teman-teman semua pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan pangan. Pangan sangat dibutuhkan oleh setiap manusia yang ada di bumi ini karena tanpa pangan manusia akan kelaparan dan tidak akan ada pabrik atau industri yang akan didirikan jika tidak ada pangan yang akan diolah oleh pabrik atau industri pengolahan. Oke langsung simak saja penjelasan dibawah ini yaa

Apa itu pengolahan pangan dan apa tujuannya

Bahan pangan adalah bahan baku yang dapat berasal dari hewani (hasil perikanan dan peternakan) maupun dari nabati (hasil perkebunan dan pertanian). Bahan baku baik yang berasal dari hewani maupun nabati dapat dikonsumsi dalam bentuk masih mentah asalkan bahan tersebut masih segar dan dilakukan dengan cara yang benar namun tidak semua bahan pangan dapat dikonsumsi secara mentah. Ikan dapat dikonsumsi dalam bentuk mentah, misalnya ikan tuna yang sering digunakan dalam pembuatan sushi. Pada pembuatan sushi, ikan tuna yang digunakan tentu saja adalah ikan yang masih segar dan layak dikonsumsi. Namun pada bahan pangan memiliki masa simpan yang pendek dan juga mudah mengalami kerusakan. Pada sayuran dan buah sering mengalami kerusakan sebelum dikonsumsi oleh masyarakat. Tingkat kerusakan pada buah dan sayuran dapat mencapai 35-40% dan sisanya yaitu 60% dijual dalam bentuk masih segar atau sudah dilakukan pengolahan. Oleh karena itu bahan pangan tersebut harus dilakukan pengawetan untuk mengurangi tingkat kerugian. Pengawetan memiliki tujuan untuk memperpanjang masa simpan pada bahan pangan tersebut. 


Bahan pangan tidak selalu dikonsumsi secara mentah namun sebagian besar bahan pangan dilakukan proses pengolahan dulu. Bahan pangan yang harus dilakukan pengolahan terlebih dahulu misalnya saja pada  daging dan telur, bahan pangan tersebut harus diolah terlebih dahulu untuk membunuh bakteri yang ada pada bahan. Pengolahan pangan memiliki tujuan yaitu menambah macam-macam makanan, namun tidak hanya itu pengolahan pangan bertujuan untuk memperpanjang masa simpan, meningkatkan kualitas, dan juga untuk mempermudah agar makanan dapat dicerna dengan baik oleh tubuh kita.

Industri pengolahan pangan yang ada di Indonesia sangat banyak sekali dan beraneka ragam bahan baku yang diolah tidak hanya yang berasal dari nabati namun juga yang berasal dari hewani. Industri pengolahan pangan yang ada di Indonesia yang berskala besar misalnya pabrik susu baik itu susu cair maupun bubuk, pabrik pengolahan ikan seperti pengalengan ikan, pabrik pembuatan sosis dan lain-lainnya. Tidak hanya industri berskala besar yang mengolah makanan namun industri-industri menengah dan kecil juga melakukan produksi, seperti industri pembuatan petis, pembuatan terasi, pembuatan telur asin, pemindangan ikan, pembuatan tempe dan tahu, pembuatan kecap dan lain-lainnya. Selain itu ada juga industri pengolahan minyak yang ada di Indonesia. Pengolahan minyak yang ada di Indonesia misalnya pengolah minyak goreng dari kelapa dan minyak goreng yang berasal dari kacang tanah.

Demikian penjelasan  tentang apa itu pangan dan apa tujuannya. Semoga teman-teman semua paham dan mendapatkan ilmu dari membaca artikel ini. Artikel ini tidak akan sempurna tanpa bantuan teman-teman semua. Jika ada tambahan dan saran silahkan tinggalkan komen dibawah postingan ini ya teman-teman. Terimakasih..

1 Response to "Apa itu pengolahan pangan dan apa tujuannya"

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel