Manfaat Pengeringan Bahan Pangan dan Jenis Metode Pengeringan

Halo teman-teman semua apa kabar kalian hari ini? Semoga kabar kalian semua baik-baik saja yaa
Pada artikel kali ini akan membahas tentang pengeringan pada bahan pangan dan macam-macam metode pengeringan bahan pangan. Kalian tau gak sih kenapa bahan pangan itu dikeringkan? Yups salah satunya adalah untuk memperpanjang masa simpan pada bahan tersebut. Lalu bagaimana cara mengeringkannya? Apakah teman-teman tau? Untuk menambah wawasan teman-teman semua yuks langsung aja baca artikel dibawah ini yaa

pengeringan ikan menggunakan bantuan sinar matahari
pengeringan ikan menggunkan bantuan sinar matahari

Apa itu PENGERINGAN?
Pengeringan adalah suatu metode untuk mengeluarkan atau menghilangkan air yang ada didalam bahan pangan tersebut. Pengeringan bahan pangan dapat dilakukan dengan cara menguapkan kandungan air yang ada didalam bahan pangan dengan menggunakan mesin atau menggunakan sinar matahari langsung. Penghilangan air yang ada didalam bahan pangan ditentukan sampai batas agar mikroorganisme tidak dapat tumbuh lagi dalam bahan pangan tersebut.

Pengeringan pada bahan pangan memiliki beberapa manfaat, diantaranya yaitu:
  1. Bahan pangan memiliki masa simpan yang lebih lama
  2. Bahan pangan menghemat tempat atau ruang pengankutan dan pengepakan karena memiliki volume yang kecil setelah dilakukan pengeringan
  3. Mempermudah dalam pengangkutan karena massa bahan pangan yang tidak besar
  4. Menghemat biaya produksi
Kecuali bahan tersebuh adalah bahan pangan yang hanya dapat dikonsumsi apabila telah dilakukan pengeringan terlebih dahulu.

Selain memiliki banyak manfaat, pengeringan pada bahan pangan juga memiliki beberapa kerugian seperti :
  1. Nilai gizi pada bahan pangan mengalami penurunan
  2. Perubahan sifat fisik maupun kimia pada bahan pangan yang mengalami pengeringan
  3. Diperlukannya proses rehidrasi(proses pengembalian air ke dalam bahan) saat penggunaan produk
                   Pengawetan pangan dengan suhu tinggi

Proses pengeringan pada bahan pangan dapat dilakukan dengan berbagai cara misalnya saja dehydro freezing dan freeze drying. dehydro freezing adalah pengeringan pada bahan pangan yang kemudian dilanjutkan dengan proses pembekuan. Sedangkan freeze drying pembekuan pada bahan pangan yang kemudian dilanjutkan dengan proses pengeringan. Pada proses freeze drying terjadi proses sublimasi dimana dari bentuk es langsung menjadi uap air tanpa mengalami proses pencairan terlebih dahulu. Proses freeze drying dilakukan pada produk yang sensitif terhadap panas. freeze drying juga memiliki keuntungan karena volume bahan tidak mengalami perubahan serta daya rehidrasi tinggi sehingga mendekati bahan asalnya.

Pengeringan dapat dilakukan secara cepat yaitu dengan bantuan energi panas. Energi panas yang diberikan pada bahan harus merata dari setiap tempat pada bahan agar proses pengeringan dapat terjadi secara optimal dan cepat.
Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pengeringan adalah
  1. Luas permukaan bahan
  2. Suhu pengeringan
  3. Aliran uadara
  4. Tekanan uap di udara
Macam-macam pengeringan
Pengeringan dapat dilakukan dengan dua cara. Yang pertama adalah pengeringan menggunakan mesin, biasanya yag sering kita gunakan adalah oven. Cara yang keduan yaitu menggunakan sinar matahari secara langsung. Pengeringan dengan menggunakan mesin lebih optimal karena tidak bergantung pada kondisi cuaca. Berbeda dengan pengeringan menggunakan bantuan sinar matahari yang bergantung pada kondisi cuaca sehingga kemungkinan proses pengeringan yang dibutuhkan akan lama serta karena pengeringan yang dilakukan ditempat yang terbuka sehingga untuk masalah kebersihan sukar untuk diawasi. Namun selain memiliki kelemahan, pengeringan menggunakan sinar matahari memiliki kelebihan yaitu energi panas yang digunakan bersifat murah dan melimpah.

Ada berbagai macam alat pengeringan tergantung dari bahan dan tujuan dari proses pengeringan tersebut. Berikut alat-alat pengeringan:
Kiln drier
Cabinet drier
Continous belt drier
Air lift drier
Bed drier
Spray drier
Drum drier
Vacum drier dll.






1 Response to "Manfaat Pengeringan Bahan Pangan dan Jenis Metode Pengeringan"

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000 rupiah :)
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - GOPAY
    - Link AJA
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.IONPK.ME (k)
    add Whatshapp : +85515373217 x-)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel