Makanan tradisional Indonesia yang enak dan lezat

Halo teman-teman semua... bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kabar kalian semua baik-baik saja ya.. oh iya teman-teman di artikel kali ini akan membahas makanan tradisional apa saja sih yang ada di Indonesia. Nah teman-teman tahu tidak nih makanan tradisional apa saja yang ada di indonesia. Makanan tradisional yang ada di Indonesia banyak loh teman-teman. Apakah kalian pernah mencici semua makanan tradisional yang ada di Indonesia? Kalau aku sih gak semuanya pernah dicoba hehehe tapi ada beberapa yang sudah aku coba. Baiklah langsung saja baca artikel dibawah ini ya teman-teman

Makanan tradisional itu apa sih?

makanan tradisional Indonesia yang enak dan lezat


Menurut prof. Murdijati gardjito guru besar teknologi Pangan dari UGM mengatakan makanan tradisional adalah makanan yang diolah dari hasil bahan pangan produksi setempat yang diolah sendiri oleh masyarakat dengan mahir sehingga menghasilkan cita rasa, bentuk dan cara makannya yang terkenal, digemari dan dirindukan bahkan menjadi penciri kelompok masyarakat tertentu. Makanan tradisional yang ada di indonesia tentu saja banyak sekali. Beberapa orang tentu sudah ada yang pernah mencobanya. Berikut  beberapa makanan-makanan tradisional yang ada di Indonesia :

1. Mie Aceh
Mie aceh merupakan makanan tradisional yang berasal dari aceh. Mie aceh ini berbeda dengan mie yang lainnya. perbedaan antara mie aceh dengan mie lainnya adalah mie aceh yang digunakan adalah mie kuning atau mie telur. Hal inilah yang membedakan antara mie aceh dengan mie yang lainnya. Topping yang digunakan pada mie aceh sama dengan mie yang lain yaitu dengan penambahan irisan daging diatas mienya. Namun dengan berkembangnya zaman sekarang, topping yang digunakan tidak hanya dari irisan daging saja tetapi juga mengguanakan seafood sebagai topping.


Baca juga : Makanan penambah darah yang sehat
                    Faktor-faktor penyebab kerusakan pangan
                    Pengolahan abon dan faktor yang mempengaruhi kualitas abon

2. Lempah Kuah Kuning
Makanan ini berasal dari bangka belitung. Makanan ini memiliki cita rasa pedas, asam dan manis. Pada makan lempah kuah kuning ini bahan utama yang digunakan adalah ikan. Ikan yang dapat digunakan bisa ikan bawal, ikan kembung dan ikan tenggiri. Bahan lain yang digunakan yaitu kunyit, cabe rawit, asam jawa, gula, garam , lengkuas dan terasi.

3. Gado- gado
Siapa tidak kenal dengan gado-gado, masyarakat indonesia pasti kenal apa itu gado-gado. Makanan tradisional ini berasal dari betawi. Gado-gado sering disebut sebagai saldnya orang Indonesia karena dalam pembuatan gado-gado ini bahan-bahan yang digunakan adalah sayuran-sayuran yang telah direbus sebelumnya kemudian disiram dengan bubu kacang. Gado-gado memiliki cita rasa pedas, manis dan gurih.

4. Gulai ikan patin
Makanan ini sangat populer di daerah jambi. Daerah jambi sedang dikembangkan menjadi sentra ikan patin nasional. Pada pembuatan gulai ikan patin bahan utam yang digunakana adalah ikan patin. Cita rasa dari gulai ikan patin ini adalah segar dan lezat sehingga banyak turis yang jika berkunjung ke daerah jambi akan memesan makanan ini.

5. Kerak telor
Makanan ini sudah terkenal sejak zaman belanda dahulu. Kerak telor berasal dari Betawi. Bahan utama untuk membuat kerak telor adalah nasi dan tentu saja telur. Cita rasa dari kerak telor adalah manis dan gurih.

6. Gudeg Yogyakarta
Jika dilihat dari namanya makanan ini tentu saja berasal dari Yogyakarta. Selain gudeg, Yogyakarta juga terkenal dengan bakpia patok. Gudeg ini memiliki cita rasa  yang manis dan sedikit pedas.

Itu beberapa makanan tradisional yang ada di Indonesia. Sebenarnya masih ada banyak lagi makanan tradisional yang berada di Indonesia. Namun kali ini saya hanya meyebutkan beberapa saja. Apakah teman-teman pernah mencicipi 6 makanan yang saya sebutkan diatas? Jika ada saran atau tambahan bisa komen dibawah ini ya teman-teman..
Terima kasih..

1 Response to "Makanan tradisional Indonesia yang enak dan lezat"

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.biz ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel